Mengenal Bahan Babyterry yang Paling Populer untuk Pembuatan Sweatshirt

Posted
bahan french terry

Jika Anda pernah berbelanja pakaian olahraga, jaket atau sweater, Anda mungkin pernah membaca nama bahan babyterry di kolom deskripsi. Babyterry memang merupakan salah satu material pakaian yang paling banyak digunakan untuk membuat sweatshirts atau baju hangat.

Babyterry atau terry adalah kain dengan loop yang bertumpuk atau tidak dipotong. Loop atau looped texture sendiri merupakan pola benang pada tenunan yang jika dilihat dari dekat tampak seperti berpola lingkaran. Mirip cincin-cincin kecil yang menempel di permukaan kainnya.

Pola looped texture dari kain terry ini ada dua macam yakni one side looped texture dan looped texture di kedua sisi kain. Kain terry dengan satu sisi loop banyak kita temukan sebagai bahan baku pembuatan jumper atau hoodie. Pola loop biasanya berada di bagian dalam baju, mirip seperti jaring-jaring.

Handuk adalah salah satu contoh barang sehari-hari yang dibuat dengan menggunakan kain terry yang memiliki loop di kedua sisinya. Bedanya, loop pada kain handuk umumnya lebih besar dan panjang. Tujuannya untuk memberi efek halus saat disentuh juga mampu menyerap lebih baik.

Babyterry dan terry sebenarnya adalah dua kain yang sama. Perbedaannya hanya pada ukuran loop yang menyusun kainnya. Babyterry cenderung memiliki ukuran loop yang lebih kecil sehingga permukaan kain akan terlihat halus dan lebih lembut jika diraba.

Macam-macam Bahan Terry

Kain terry yang dijual di pasaran saat ini dibuat dengan menggunakan dua metode yakni weaving (menenun) dan knitting (merajut). Adanya loop di permukaan kain membuatnya lembut saat dipegang dengan tekstur tebal yang mudah menyerap air. Ketika menjalani proses lanjutan, kain terry bisa berubah menjadi material  fleece atau beludru.

Secara garis besar, kain terry terdiri dari dua macam yakni:

Towel Terry

Bahan Babyterry
cameleontextil.com

Seperti namanya, towel terry merupakan varian kain terry yang digunakan sebagai material utama pembuat handuk. Dengan loop di kedua sisinya, kain ini bisa menyerap air dalam jumlah banyak. Selain untuk handuk, towel terry juga bisa dijadikan bahan lap, gaun mandi dan berbagai produk sejenis.

Kain towel terry umumnya terbuat dari bahan katun 100%. Tapi kadang ada juga yang dibuat dengan campuran poliester dan material lainnya.

French Terry

bahan french terry

Bahan babyterry termasuk ke dalam kelompok jenis kain French terry. Kain ini dibuat dengan pola loop yang hanya ada pada sisi dalamnya saja sementara sisi luarnya mulus. French terry biasa digunakan untuk membuat pakaian pria, wanita hingga anak-anak. Termasuk untuk pembuatan sweatshirts.

French terry terbuat dari 100% katun tapi ada juga yang berbahan serat campuran seperti poliester, spandex atau rayon. Dari sinilah kemudian varian babyterry dibuat untuk mendapatkan kelembutan yang melebihi kain terry biasa.

Kelebihan dan Kekurangan Babyterry

Bahan Babyterry
Image Source: indiesew.com

Seperti material pakaian yang lain, babyterry juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya antara lain:

1. Lembut

Salah satu kelebihan yang membuat bahan ini banyak digunakan sebagai material pakaian adalah kelembutannya.

Selain karena pola loop yang menyusun serat-serat kainnya, katun yang banyak digunakan sebagai material kain membuat bahan ini nyaman dikenakan. Saking lembutnya, babyterry tidak hanya digunakan untuk membuat pakaian orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak.

2. Nyaman Dipakai

Kenyamanan inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa hoodie atau sweater banyak yang dibuat dengan material babyterry. Meski teksturnya tebal, kain ini tidak gerah saat dipakai. Selain mampu menghangatkan saat cuaca dingin, daya serapnya yang tinggi membantu kita lebih nyaman di tengah cuaca panas dan gerah.

3. Ringan

Ada banyak material yang digunakan untuk membuat sweater atau jaket, tapi tidak ada yang bobotnya lebih ringan dari babyterry. Meski tidak seberat material lain, soal kemampuan menghangatkan tubuh, jaket yang terbuat dari babyterry punya kemampuan yang sama mumpuninya.

Jika Anda muslimah, Anda bisa mengkombinasikan sweater dengan hijab yang dibuat dari bahan moscrepe. Dua kain ini selain ringan juga nyaman digunakan.

4. Harga yang Terjangkau

Hanya dengan browsing di internet, Anda bisa menemukan baju berbahan babyterry dengan mudah. Selain banyak pilihannya, harga pakaian yang dibuat dari material ini juga sangat ramah di kantong. Jika Anda sedang mencari baju hangat dengan bujet pas-pasan, babyterry adalah pilihan yang murah sekaligus berkualitas.

Selain kelebihan yang sudah disebutkan di atas, material babyterry juga memiliki beberapa kekurangan antara lain:

5. Mudah Melar

Pola loop yang membentuk kain terry ternyata menjadi salah satu kelemahannya. Sama seperti material pembuat jaket lain, kain babyterry mudah melar karena ronga-rongga yang ada pada susunan loop. Inilah salah satu penyebab kenapa sweater Anda bisa terasa membesar setelah digunakan dalam waktu lama.

6. Kurang Tahan Lama

Karena mudah melar, pakaian yang terbuat dari babyterry tidak bisa dikenakan terus menerus, apalagi disertai dengan proses pencucian dengan yang kasar atau dengan mesin cuci. Agar awet, Anda disarankan untuk mencuci pakaian berbahan babyterry dengan tangan.

Dari segi penggunaan, babyterry sering dibandingkan dengan bahan cotton fleece yang juga sama-sama sering dijadikan material pembuatan sweater. Karena dari segi harga babyterry jauh lebih murah, kualitasnya pun tidak sebagus cotton fleece. Namun itu tidak lantas membuat popularitasnya berkurang. Terbukti saat ini kita masih bisa menemukan bahan ini dengan mudah.

Demikian ulasan ringkas mengenai bahan babyterry beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *