5 Ide Kreasi Bahan Fleece yang Dapat Anda Jadikan Referensi

Posted
selimut fleece

Bahan fleece merupakan salah satu bahan tekstil yang mempunyai karakter mirip dengan wol sehingga kerap disebut. Bila diamati dan disentuh, selain ada tekstur berbulu pada permukaannya, bahan ini juga cukup empuk, tebal, dan hangat.

Namun, berbeda dengan wol yang terbuat dari bulu binatang halus, fleece justru terbuat dari serat sintetis yang mempunyai lapisan serat seperti kapas di salah satu sisinya. Karena itu, kain fleece juga biasanya lebih dikenal dengan sebutan wol imitasi.

Untuk kreasinya sendiri, fleece dapat dibuat menjadi berbagai macam produk seperti berikut ini.

1. Sweater

Sweater Dari Bahan Fleece
shopify.com

Sweater merupakan salah satu jenis pakaian yang sangat identik dengan sensasi hangat yang diberikan. Karena itu, tidak heran bila Anda menjumpai sangat banyak outwear satu ini dibuat dari wol imitasi atau dari bahan babyterry.

Dulunya, istilah sweater selalu dikaitkan dengan bahan rajut yang begitu klasik. Namun dalam perkembangannya, industri mode pun mulai menggunakan bahan hangat lain untuk menghasilkan sweater yang tak kalah modis.

Clothes mean nothing until someone lives in them

-Marc Jacobs-

Atasan ini dapat digunakan di berbagai kegiatan baik yang bersifat formal maupun nonformal. Tentu saja, kondisi ini harus disesuaikan dengan model sweater yang akan dikenakan dengan pakaian pendukung lainnya, seperti dress, kemeja, bahan celana, dan sebagainya.

2. Hoodie

Hoodie Dari Bahan Fleece
shopify.com

Kreasi dari bahan fleece berikutnya adalah hoodie. Baju yang hangat satu ini semakin digemari terutama oleh kalangan muda. Di berbagai kesempatan, hoodie bahkan tidak jarang dijadikan sebagai atasan tanpa adanya kaus pakaian tambahan di baliknya.

Salah satu hal yang membuat hoodie begitu populer adalah modelnya yang begitu trendi dan sporty. Namun, siapa sangka dulunya produk garmen ini justru diperuntukkan bagi biarawan dan pekerja yang beraktivitas di luar ruangan?

Kini, hoodie justru menjadi model yang sangat populer untuk acara kasual. Adapun awal mula meroketnya jenis pakaian ini di masyarakat umum adalah pada sekitar tahun 1990-an ketika marak digunakan oleh penyanyi hiphop.

3. Jumper

Jumper untuk pria
fjallraven.com

Pada dasarnya, jumper merupakan pakaian yang sama seperti hoodie tetapi tanpa dilengkapi dengan ritsleting. Untuk mengenakan jumper pun tak berbeda dengan cara mengenakan kaus biasa, yakni dengan langsung memasukkan kepala dan lengan.

Sama seperti hoodie, jumper juga identik dengan gaya hiphop dan sporty. Model baju hangat ini pun sangat banyak digemari oleh masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Kepopuleran jumper juga membuat banyak merek pakaian ternama memproduksinya. Tidak tanggung-tanggung, dengan label besar yang dimiliki, sebuah jumper bisa dihargai hingga puluhan juta rupiah.

4. Mantel

Mantel Untuk Wanita
sportaktiv-shop.de

Dibandingkan mantel, istilah coat mungkin lebih terdengar populer bahkan di kalangan masyarakat Indonesia sendiri. Jenis pakaian ini merujuk pada baju panjang yang digunakan sebagai luaran untuk menghangatkan diri dari udara dingin yang menusuk.

Dengan suhu Indonesia yang tidak terlalu ekstrem, penggunaan mantel mungkin tidak terlalu populer. Walau begitu, penggunaan fashion item yang satu ini sebenarnya cukup bergaya sehingga ada pula beberapa orang yang memilih untuk mengenakannya di sini.

Sementara itu di luar negeri, mantel menjadi kebutuhan untuk menyambut musim gugur dan musim dingin—bahkan sampai awal musim semi. Selain itu, kerap kali pula mantel digunakan setelah tumpukan baju dan sweter atau baju hangat lainnya.

5. Selimut

selimut fleece

Terakhir, fleece juga bisa digunakan untuk bahan selimut. Biasanya, selimut fleece mempunyai bahan yang cenderung ringan dan dapat digunakan baik pada saat cuaca dingin maupun panas.

Selimut dari fleece juga secara umum ditawarkan dengan harga yang murah. Tidak heran, salah satu jenis kain penghangat yang satu ini menjadi cukup banyak diminati.

Perawatan yang perlu dilakukan untuk menjaga produk ini tidak susah. Selain mencuci dengan air dingin, selimut fleece hanya perlu dijemur di tempat yang teduh untuk menghindari rusaknya serat.

Nah, itulah beberapa kreasi yang bisa dibuat dari bahan fleece. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *